DSC_0261

 

Press Release BHACA

TIGA TOKOH PEMERINTAHAN TERIMA

BUNG HATTA ANTI CORRUPTION AWARD 2008

 

Jakarta, 28 Oktober 2008, Perkumpulan Bung Hatta Anti Corruption Award (BHACA) pada tahun ini kembali menganugerahkan penghargaan BHACA kepada tiga individu dari bidang pemerintahan yang telah melalui seleksi ketat Dewan Juri BHACA 2008. Mereka berasal dari kalangan Ekonom dan Penegak Hukum. Penghargaan ini diberikan dengan maksud untuk menumbuhkan wahana bagi terwujudnya Indonesia baru yang bersih dari korupsi dan mendorong keterlibatan masyarakat untuk memberikan dukungan (encouragement), pemberdayaan (empowerment) dan perlindungan (protection) bagi pribadi-pribadi yang berjuang melawan korupsi serta memberikan inspirasi bagi para pelawan korupsi untuk tetap mempertahankan semangat perjuangannya.

Peraih BHACA 2008 ditetapkan setelah melalui penjaringan, baik melalui usulan dari lembaga-lembaga terkait, LSM, organisasi-organisasi profesi, masukan dari masyarakat maupun sistem hunting.Kemudian, Dewan Juri BHACA 2008 melakukan seleksi berdasarkan kriteria yang ditetapkan. Para anggota dewan juri tersebut adalah:

  1. Betti Alisjahbana (Founder & CEO PT Quantum Business International)
  2. Frans Hendra Winarta (Advokat)
  3. Gunarni Soeworo (Komisaris Independen PT Bank Mandiri)
  4. Mardjono Reksodiputro (Dosen Fakultas Hukum UI,Teman Serikat pada Kantor Konsultan Hukum Ali Budiardjo Nugroho Reksodiputro)
  5. Rizal Malik (Sekretaris Jenderal dan CEO Transparency International Indonesia)

Dari 42 kandidat yang masuk, dilakukan investigasi track record calon peraih BHACA 2008 dan dewan juri menetapkan tiga individu yang pantas diberikan penghargaan dengan kriteria sebagai berikut:

  1. Bersih dari praktek korupsi, tidak pernah menyalahgunakan kekuasaan atau jabatannya, menyuap atau menerima suap;
  2. Berperan aktif, memberikan inspirasi atau mempengaruhi masyarakat atau lingkungannya dalam pemberantasan korupsi.

Ketiga individu yang dinilai pantas menerima Bung Hatta Anti Corruption Award tahun 2008, adalah :

  1. Dr. Sri Mulyani Indrawati
  2. Amien Sunaryadi Ak, MPA, CISA
  3. M. Busyro Muqoddas SH, M.Hum

Bersama Mewujudkan Kehidupan yang Lebih Baik

Leave a Reply