Peraih BHACA 2010

Press Release

Pengumuman Anugerah BHACA 2010

”Tidak ada kata berhenti! Inovasi dan karya nyata pembangunan mesti terus ditumbuhkan guna terwujudnya agenda reformasi secara cepat dan tepat”

Terus berkarya dalam mewujudkan kehidupan yang lebih baik tetap menjadi semangat kami untuk terus menghargai individu-individu yang berusaha hidup jujur dalam lingkungan dan budaya kita yang lekat dengan korupsi di setiap sisi kehidupan.

Dalam kurun waktu tujuh tahun sejak didirikan pada tahun 2003, Perkumpulan Bung Hatta Anti Corruption Award (BHACA) telah tiga kali memberikan penghargaan kepada beberapa orang yang menjadi inspirator terbangunnya upaya pemberantasan korupsi di lingkungannya. Pada tahun 2003, Perkumpulan menganugerahkan BHACA kepada Moh. Yamin, SH (alm.), Syamsul Qamar, Erry Riyana Hardjapamekas dan Karaniya Dharmasaputra. Dan pada tahun 2004, penerima anugerah BHACA adalah Gamawan Fauzi dan Saldi Isra. Pada tahun 2008, Anugerah BHACA ke tiga diberikan kepada Dr. Sri Mulyani Indrawati, Amien Sunaryadi Ak, dan M. Busyro Muqoddas SH.

Tahun 2010, yang merupakan penyelenggaraan ke empat kalinya, BHACA  ingin memberikan penghargaan pada birokrat yang memiliki orisinalitas ide/gagasan tentang reformasi birokrasi melalui program dan kebijakan yang bersentuhan dengan kebutuhan dasar masyarakat, inovasi pelayanan publik, melakukan penguatan pada institusi internal dan aktif mendorong upaya partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

Proses penjaringan dilakukan sejak bulan Maret sampai dengan Oktober 2010, melalui penelitian dan pengiriman formulir Nominasi BHACA 2010 ke seluruh instansi pemerintah dan LSM di Indonesia, juga menggunakan jaringan  social media di dunia maya (internet). Nominasi yang masuk kemudian diseleksi secara adminstrasi,yang dilanjutkan dengan   penelusuran mendalam untuk merekam setiap aktivitias, kebijakan dan inovasi yang dilakukan calon. Hasil penelusuran ini kemudian diteruskan untuk dinilai oleh Dewan Juri, yang terdiri dari pribadi-pribadi yang independen,  kompeten dan kredible dalam sektor pelayananan publik dan birokrasi pemerintah. Mereka adalah :

  1. Betti Alisjahbana
  2. Zoemrotin K. Susilo
  3. Prof. Dr. Eko Prasojo
  4. Rikard Bagun 

Berdasarkan penilaian terhadap faktor integritas, kepemimpinan dan dampak dari reformasi birokrasi yang telah dilakukan, juga memperhatikan upaya-upaya untuk melibatkan masyarakat di dalam prosesnya, serta faktor keberlanjutan dari reformasi birokrasi ini,  maka Dewan Juri BHACA 2010 menetapkan  penghargaan Anugerah BHACA 2010 diberikan kepada :

  1. Ir. Joko Widodo (Walikota Surakarta)
  2. Pemerintah Kota Yogyakarta di bawah pimpinan H. Herry Zudianto, SE.,Akt.,MM

 Bersama Mewujudkan Kehidupan yang Lebih Baik

Leave a Reply