Donasi

Minimmya pendidikan anti korupsi pada generasi muda mendorong Perkumpulan Bung Hatta Anti-Corruption Award (BHACA) menggelar roadshow diskusi musikal untuk mengkampanyekan perlawanan korupsi dari kampus ke kampus di Indonesia, termasuk di Kota Banjarmasin.

Putri dari mantan Wakil Presiden RI, Mohammad Hatta (Bung Hatta), Halidah Hatta dan anaknya Gustika, hadir sebagai pemantik diskusi di UIN Antasari, Kota Banjarmasin pada Selasa (23/4). Ratusan mahasiswa dan aktivis meriung di kegiatan yang diinisiasi LPM Sukma UIN Antasari itu.

Halidah Hatta berkata sikap anti korupsi harus ditanamkan dari usia muda lewat kesadaran untuk tidak melibas hak orang lain.

“Jangan menggampangkan uang orang. Harus ada empati di setiap individu di Indonesia untuk berlaku jujur. Itu dulu yang harus ditumbuhkan,” kata Halidah kepada wartawan banjarhits.id, Donny Muslim usai diskusi di Gedung Olahraga dan Seni (GOS) UIN Antasari.

Halidah menambahkan, sikap empati untuk menghormati hak orang lain akan membantu berkembangnya sistem pemerintahan Indonesia yang bersih dari praktik KKN.

“Saya melihat sistem pemerintahan kita sendiri sudah mengupayakan untuk menjadi negara yang terhormat. Karena mengusung transparansi dan akuntabilitas. Kita tinggal mendorong untuk semakin baik,” ujarnya.

Direktur Eksekutif Perkumpulan BHACA, M Berkah Gamulya, menyebut roadshow ini bertujuan menjaring figur-figur anti korupsi di Kalimantan untuk menerima penghargaan dari BHACA.

“Sudah banyak sosok yang kami berikan penghargaan seperti Sri Mulyani, Ahok, sampai Jokowi ketika menjabat sebagai Walikota Solo. Nah, di Kalimantan ini belum ada,” kata Berkah Gamulya.

Adapun kriteria yang mereka cari tentu harus bersih dari praktik KKN dan berperan aktif mengkampanyekan isu anti rasuah. Formulir pendaftaran bisa diakses melalui laman resmi BHACA di bunghattaaward.org.

“Nanti akan dinilai oleh tim juri independen. Batas akhir pendafraran sampai 30 Juni 2019 mendatang,” pungkasnya.

“Diskusi musikal ini memiliki nilai strategis dalam mengokohkan komitmen kerjasama lintas institusi dalam mengupayakan Indonesia yang bersih dari korupsi” ungkap Andy tentang motivasi SAKA sebagai mitra lokal penyelenggaraaan Bung Hatta Kalimantan Tour 2019.

 

Artikel ini telah tayang di https://kumparan.com dengan judul Halidah Hatta Dorong Kalimantan Punya Figur Anti Korupsi, https://kumparan.com/banjarhits/halidah-hatta-dorong-kalimantan-punya-figur-anti-korupsi-1qwchAoAZqG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Donasi